"Orang-orang Yahudi di kota itu lebih baik hatinya dari pada orang-orang Yahudi di Tesalonika, karena mereka menerima firman itu dengan segala kerelaan hati dan setiap hari mereka menyelidiki Kitab Suci untuk mengetahui, apakah semuanya itu benar demikian. Banyak di antara mereka yang menjadi percaya; juga tidak sedikit di antara perempuan-perempuan terkemuka dan laki-laki Yunani." (Kisah Para Rasul 17:11-12)

Translate

Kamis, 02 Oktober 2014

Pelajaran 6 Minggu - Minggu ke-5

5. Kehidupan yang dituntun oleh Roh Kudus

Tujuan Pelajaran
1. Biar jiwa baru mengetahui apakah mereka sudah lahir baru.
2. Biar Jiwa baru mengetahui pengharapan orang kudus adalah kebangkitan
3. Biar jiwa baru mempersembahkan diri didalam harapan dengan penuh Roh Kudus

Ayat dasar
“Dan jika Roh Dia, yang telah membangkitkan Yesus dari antara orang mati, diam di dalam kamu, maka Ia, yang telah membangkitkan Kristus Yesus dari antara orang mati, akan menghidupkan juga tubuhmu yang fana itu oleh Roh-Nya, yang diam di dalam kamu.” (Roma 8:11)


Apakah anda sudah menerima Roh Kudus? Jika ya, Allah berada di dalam diri saudara. Sekarang Allah ingin menyelenggarakan kehidupan saudara jikalau saudara ikut kemanapun tuntunan Roh Kudus, secara keseluruhan dapat hidup, kehidupan berkuasa yang luar biasa yang dijanjikan oleh Yesus Kristus.

1. 1. Roh Kudus menuntun orang percaya

Bukan untuk hidup semaunya kita menerima Roh Kudus, tetapi untuk dituntun oleh Roh Kudus, supaya kita bebas dengan dibawa kedalam Kebenaran, bukan untuk dikekang. Roh Kudus membiarkan kita memohonkan hati nurani yang baik kepada Allah dan membiarkan kita mengetahui Yesus dengan jelas.

Þ I Petrus 3:21 : Juga kamu sekarang (diselamatkan) oleh (kiasannya) yaitu (baptisan) maksudnya bukan untuk membersihkan kenajisan jasmani, melainkan untuk memohonkan hati nurani yang baik kepada Allah oleh kebangkitan Yesus Kristus.

Þ II Kor 1:21-22 : Sebab Dia yang telah (meneguhkan)kami bersama-sama dengan kamu didalam Kristus adalah Allah yang telah mengurapi memateraikan tanda milik-Nya atas kita dan yang memberikan (Roh Kudus) didalam hati kita sebagai (jaminan) dari semua yang telah disediakan untuk kita.

1. 1. Bait Allah
Tempat dimana ada nama Allah ialah bait Allah, apabila Roh Kudus datang dalam nama Yesus dan berdiam didalam roh jiwa kita, maka roh jiwa kita menjadi tempat maha kudus.


1. 2. Kepenuhan Roh Kudus
Roh Kudus bekerja sejauh mana kita mentaati-Nya, artinya Roh Kudus tidak bertindak bila kita tidak. Karena Roh Kudus adalah kepribadian, jika kita tidak taat, Dia dipadamkan bahkan dihujat. Berbeda dengan Yesus yang datang untuk dihina, menderita, dan mengalami kematian. Roh Kudus datang sebagai Tuhan yang disambut dan disongsong, kita harus mentaati-Nya, maka Yesus Kristus menyatakan dengan keras agar kita jangan melawan dan menghujat Roh Kudus.

Þ Matius 12:31,32 : Sebab itu Aku berkata kepadamu segala (dosa) dan (hujat) manusia akan diampuni tetapi (hujat) terhadap (Roh Kudus) tidak akan diampuni. Apabila seorang mengucapkan sesuatu (menentang) Anak Manusia, ia akan diampuni, tetapi jika ia menentang (Roh Kudus) ia tidak akan diampuni (di dunia ini) tidak dan di (dunia yang akan datang) pun tidak.

1. 2. Allah akan membangkitkan orang yang memiliki nama “Yesus”.

Nama “Yesus” adalah nama Allah, Anak Allah yang datang dengan Firman menjadi tubuh datang kedunia dalam nama Yesus, dan setelah dimuliakan mengutus Roh Kudus dalam nama Yesus.

Barangsiapa yang memiliki nama Yesus akan bangkit dari maut, akan membangkitkan juga mereka yang memilik nama Yesus. Inilah kebangkitan, Yesus Kristus menjadi buah sulung kebangkitan, dan orang kudus yang ada didalam-Nya juga akan bangkit pada waktunya.

Þ Yohanes 17:11 : Aku tidak ada lagi didalam dunia tetapi mereka masih ada didalam dunia dan Aku datang kepada-Mu, ya Bapa yang kudus. Peliharalah mereka dalam (nama-Mu) yaitu nama-Mu yang telah Engkau berikan kepada-Ku supaya mereka menjadi satu sama seperti Kita.

1. 1. Semua manusia akan bangkit
Mereka yang tidak menerima nama Yesus akan bangkit untuk penghakiman, sedangkan yang menjadi anak-anak Allah akan bangkit untuk hidup disorga. Dua-duanya akan bangkit tapi tempat tujuannya berbeda.

Þ Yohanes 5 : 29 : Mereka yang telah berbuat baik akan keluar dan bangkit untuk (hidup yang kekal) tetapi mereka yang telah berbuat jahat akan bangkit untuk (dihukum)

1. 2. Pengharapan orang kudus yang paling besar adalah kebangkitan.
Sebab darah dan tubuh yang akan binasa tidak mendapat kerajaan Allah sebagai warisan, kita semua harus berubah dengan tubuh ilahi seperti Yesus Kristus jikalau tidak ada kebangkitan kepada kita dan kita hanya hidup didunia ini saja, maka semuanya sia-sia yaitu Iman, persembahan diri dan pengharapan.

1. 3. Kebangkitan adalah permulaan untuk hidup kekal
Hari kebangkitan adalah hari kedatangan Yesus Kristus. Tetapi siapapun tidak ada yang mengetahui hari dan tanggalnya kedatangan yesus. Orang kudus yang mengorbankan diri untuk Tuhan akan dibalas upah besar dari Allah setelah bangkit.

Þ Yohanes 14:1-3 : Janganlah gelisah hatimu percayalah kepada Allah, percaya jugalah kepada-Ku. Di rumah (Bapa)-Ku banyak tempat tinggal, jika tidak demikian, tentu Aku menyatakannya kepadamu sebab Aku pergi kesitu untuk menyediakan (tempat) bagimu. Dan apabila Aku telah pergi kesitu dan telah menyediakan (tempat) bagimu, Aku akan datang kembali dan membawa kamu ke (tempat)–Ku, supaya di (tempat) dimana Aku berada , kamupun berada.

Matius 25:14 – 30
§ Talenta adalah sepertinya kehidupan tubuh. Siapa dipuji ?
§ Apa yang terjadi kepada orang yang tidak menjalankan talenta ?


Þ Wahyu 2:10 : Hendaklah engkau (setia) sampai mati dan Aku akan mengaruniakan kepadamu (mahkota kehidupan)

Mereka yang menerima Roh Kudus akan menyatakan kasih, sukacita, damai sejahtera,kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan dalam kehidupan sehari-hari.

Kita harus menunggu kebangkitan dalam pengharapan dan memakai tubuh kita sebagai senjata yang ilahi, harus melayani Allah dengan segenap kekuatan, jiwa, akal budi dan nyawa kita dan memberitakan Yesus Kristus demikian kita harus membagikan kasih Allah kepada sesama kita.

Perihal diskusi
1. Apakah saudara telah lahir baru? apa artinya lahir baru itu dan apa buktinya?
2. Adakah Allah didalam saudara ? Bagaimana saudara tahu?
3. Adakah dosa yang tidak dapat dihapus? Dosa mana yang tidak dapat diampuni?
4. Apakah saudara penuh dengan Roh Kudus? Apakah Roh Kudus memberi saudara kepercayaan yang jelas?
5. Tujuan kehidupan saudara apa?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar