"Orang-orang Yahudi di kota itu lebih baik hatinya dari pada orang-orang Yahudi di Tesalonika, karena mereka menerima firman itu dengan segala kerelaan hati dan setiap hari mereka menyelidiki Kitab Suci untuk mengetahui, apakah semuanya itu benar demikian. Banyak di antara mereka yang menjadi percaya; juga tidak sedikit di antara perempuan-perempuan terkemuka dan laki-laki Yunani." (Kisah Para Rasul 17:11-12)

Translate

Kamis, 02 Oktober 2014

Pelajaran 6 Minggu - Minggu ke-6

6. Kehidupan orang kudus sebagai jemaat Kristus

Tujuan Pelajaran
1. Biar jiwa baru mengenal jemaat Kristus
2. Biar Jiwa baru melayani Allah melalui ibadah sejati
3. Biar jiwa baru hidup dengan kehidupan yang memusatkan gereja

Ayat dasar
“Segala sesuatu telah diletakkan-Nya dibawah kaki Kristus dan Dia telah diberikan-Nya kepada jemaat sebagai kepala dari segala yang ada.” (Efesus 1:22)


Allah melangsungkan pekerjaan-Nya dengan memangggil mereka yang menerima Parakretos Roh Kudus dan mentaati kepada Roh Kudus. Kita adalah ciptaan dan milik-Nya. Kehidupan kita setelah menerima Roh Kudus seharusnya melakukan kehendak Yesus Kristus dan menggenapi pekerjaan-Nya kepada jemaat yang menjadi tubuh Kristus dan ingin memakai orang kudus yang menjadi angggota-Nya.

Kita harus menjadi orang kudus yang setia sampai mati agar sukseskan pekerjaan Tuhan.

1. 1. Kehidupan orang kudus sebagai jemaat Kristus

Dalam bahasa Yunani Gereja ialah “eklesia” artinya keluar, sebab dipanggil yaitu kumpulan orang yang keluar, setelah dipanggil oleh Yesus Kristus, itulah Gereja / Jemaat. Alkitab mengatakan dengan jelas Gereja adalah tubuh Kristus, Kepala gereja / jemaat adalah Yesus Kristus, sebab itu barang siapa percaya dan menerima Yesus Kristus, sudah menjadi anggota jemaat. Jemaat kita menjadi jemaat yang mengatasi kuasa dunia.

Þ Yohanes 15 : 5 : Akulah pokok anggur dan kamulah (ranting-rantingnya) barang siapa tinggal didalam Aku dan Aku didalam dia ia (berbuah) banyak, sebab diluar Aku kamu tidak dapat berbuat apa-apa

Þ Matius 16 : 8 : Engkau adalah Petrus dan diatas batu karang ini Aku akan mendirikan (jemaat-Ku) dan (alam maut) tidak akan menguasainya.


§ Ikut Ibadah Hari Tuhan
Pada hari Tuhan Yesus Kristus bangkit dari kematian. Kita harus mengingatkan kebangkitan Yesus dan mengikuti ibadah dan membedakan hari lain supaya hidup Yesus berada didalam diri kita. Hal mengikuti ibadah hari Tuhan adalah perintah dari Tuhan dan kewajiban orang kudus (Wahyu 1 : 10) ( Kisah 20 : 7)

§ Ibadah
Arti ibadah adalah melihat dan menyembah Allah. Melalui ibadah kita akan melihat Allah yang hidup maka kita harus beribadah dengan roh dan Kebenaran, bilamana kita dapat mensukseskan ibadah maka kita dapat mensukseskan seluruh kehidupan kita (Yohanes 4 : 24) (Roma 12 : 1)

§ Baptisan
Baptisan adalah perintah dari Tuhan sebagai pengakuan bahwa manusia lama kita sudah dikuburkan Kristus bersama kematian Kristus dan kita bangkit bersama sebagai manusia baru. Allah menyatakan dirinya melalui Firman, sebab itu kita dapat bertemu Allah dengan membaca Alkitab dan Roh Kudus juga turut bekerja dengan Firman Allah yang telah berada didalam roh jiwa kita (Matius 4 : 4).

§ Doa
Allah memberi nama “Yesus” kepada kita dan berjanji kepada kita bahwa Dia akan melaksanakan bila kita minta apapun didalam nama Yesus. Oleh karena itu kita harus diberi apa yang kita perlu melalui doa, kita harus berkomunikasi dengan Allah melalui doa, kita harus menang dengan mendapat kuas Allah melalui doa
Doa adalah pernafasan roh (Yohanes 14:13, 15:17) (Filipi 4:6–7).

§ Kesaksian (Penginjilan)
Missi paling besar kepada orang kristen yang diselamatkan adalah memberitakan Injil kepada orang dunia , Tuhan berkehendak kepada siapapun dan semua.

Orang mendapat keselamatan maka memberi missi kepada kita supaya memberitakan Injil.

§ Pelayanan
Hal mengabdi pada Jemaat. Kita, orang kudus sebagai anggota tubuh Kristus, harus melayani dan mengabdi apapun tugas gereja secara aktif dengan sukacita dan kesetiaan, pelayanan kita pasti dibalas dengan upah dari Allah. (I Petrus 4 : 10) (Efesus 4 : 11 – 12)

§ Perkumpulan
Mereka yang menjadi satu didalam Kristus berbagi (sharing) kesaksian dan kasih Kristus, demikian orang Kristen saling menolong dengan Iman dan membagikan karunia-karunia dan kuasa. Anggota tubuh masing-masing tidaklah sempurna tapi bilamana mereka bersatu dengan anggota tubuh yang lain menjadi sempurna sehingga menggenapi sisa penderitaan tugas dari kehidupan pelayanan Kristus. (Kisah 2:42) (Ibr 10:23–25)

§ Persembahan
Iman Kristen kita adalah pengakuan bahwa harta benda kita bukan milik kita tetapi titipan dari Allah, maka persembahan ialah kita memberi harta benda kita dengan iman dengan syukur. Dengan memberi persembahan demikian kita dapat mengakui hanya Allah saja Tuhan kita, bukan mamon.

Þ Matius 6 : 24 : Tak seorangpun dapat mengabdi kepada dua tuan, karena jika demikian ia akan membenci yang seorang dan mengasihi yang lain ,atau ia akan setia kepada yang seorang dan tidak mengindahkan yang lain kamu tidak dapat mengabdi kepada (Allah) dan kepada (mamon).

§ Perpuluhan
Perpuluhan ialah yang memberi sepersepuluh dari pendapatan kita kepada Allah. Perpuluhan adalah tanda kita berbalik kepada Allah dari hati yang berpaling kedunia, dan pengakuan kita mengasihi Allah dari pada harta benda. Inilah perintah Allah dan janji Allah yang membukakan tingkap-tingkap langit dan mencurahkan berkat bagi kita (Maleaki 3 : 7 –12)

§ Persembahan Minggu/Hari Tuhan
Kita harus memberi persembahan ini dengan persiapan sebagai persembahan syukur kita diselamatkan dari dosa. Umat Israel memberi persembahan ini sebesar satu hari upah seorang laki-laki. Iman kita dapat dinyatakan dengan memberi persembahan (II Korintus 9 : 5 – 7).

§ Persembahan syukur
Persembahan ini kita beri sesuai besar atau kecil iman kita , bila mana kita bersyukur kepada Allah (I Tesalonika 5 : 18).

Allah mengumpulkan orang kudus yang dibeli dengan darah Yesus Kristus didalam gereja/jemaat dan memberikan berkat dan memakai mereka didalam jemaat. Karena Allah menyelamatkan kita yang seharusnya keneraka, tapi kita harus ikut serta dan mengabdi disegala pekerjaan jemaat dengan sukacita dan sukarela.

Pertumbuhan gereja itu adalah kehendak Allah, maka kita harus mempersembahkan diri untuk pertumbuhan gereja supaya kita ikut serta kemuliaan Kristus pada hari yang akan datang.

Þ I Tim 6 :17 -19 : Peringatkanlah kepada orang-orang kaya didunia ini agar mereka jangan tinggi (hati) dan jangan (berharap ) pada sesuatu yang tak tentu seperti (kekayaan), melainkan pada (Allah) yang dalam kekayaan-Nya memberikan kepada kita segala sesuatu untuk dinikmati peringatkanlah agar mereka itu berbuat (baik) menjadi kaya dalam kebajikan, suka memberi dan membagi. Dan dengan demikian mengumpulkan suatu harta sebagai dasar yang baik bagi (dirinya) diwaktu yang akan datang untuk mencapai (hidup) yang sebenarnya

Perihal diskusi
1. Apa itu jemaat / gereja?
2. Acara kudus apa ada didalam gereja Kristus?
3. Apa dasar-dasar kehidupan Iman orang kudus?
4. Apa itu tugas umum untuk semua orang kudus?
5. Adakah orang yang tidak mengenal Yesus di antara keluarga saudara? Jika Ya, bagaimana rencana saudara untuk memberitakan Injil kepada keluarga?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar