"Orang-orang Yahudi di kota itu lebih baik hatinya dari pada orang-orang Yahudi di Tesalonika, karena mereka menerima firman itu dengan segala kerelaan hati dan setiap hari mereka menyelidiki Kitab Suci untuk mengetahui, apakah semuanya itu benar demikian. Banyak di antara mereka yang menjadi percaya; juga tidak sedikit di antara perempuan-perempuan terkemuka dan laki-laki Yunani." (Kisah Para Rasul 17:11-12)

Translate

Sabtu, 09 Mei 2015

Berdoa yang Sungguh-sungguh dan Bertekun

Judul: Berdoa yang Sungguh-sungguh dan Bertekun
Ayat Dasar: Kisah Para Rasul 4:23-31

"Sesudah dilepaskan pergilah Petrus dan Yohanes kepada teman-teman mereka, lalu mereka menceriterakan segala sesuatu yang dikatakan imam-imam kepala dan tua-tua kepada mereka. Ketika teman-teman mereka mendengar hal itu, berserulah mereka bersama-sama kepada Allah, katanya: "Ya Tuhan, Engkaulah yang menjadikan langit dan bumi, laut dan segala isinya. Dan oleh Roh Kudus dengan perantaraan hamba-Mu Daud, bapa kami, Engkau telah berfirman: Mengapa rusuh bangsa-bangsa, mengapa suku-suku bangsa mereka-reka perkara yang sia-sia? Raja-raja dunia bersiap-siap dan para pembesar berkumpul untuk melawan Tuhan dan Yang Diurapi-Nya. Sebab sesungguhnya telah berkumpul di dalam kota ini Herodes dan Pontius Pilatus beserta bangsa-bangsa dan suku-suku bangsa Israel melawan Yesus, Hamba-Mu yang kudus, yang Engkau urapi, untuk melaksanakan segala sesuatu yang telah Engkau tentukan dari semula oleh kuasa dan kehendak-Mu. Dan sekarang, ya Tuhan, lihatlah bagaimana mereka mengancam kami dan berikanlah kepada hamba-hamba-Mu keberanian untuk memberitakan firman-Mu. Ulurkanlah tangan-Mu untuk menyembuhkan orang, dan adakanlah tanda-tanda dan mujizat-mujizat oleh nama Yesus, Hamba-Mu yang kudus." Dan ketika mereka sedang berdoa, goyanglah tempat mereka berkumpul itu dan mereka semua penuh dengan Roh Kudus, lalu mereka memberitakan firman Allah dengan berani."

Allah yang kita sembah baik. Ia memberi kasih anugerah, berkat, dan Iman. Allah memberikan berkat di dalam ibadah. Allah adalah yang panjang sabar, tetapi Allah mempunyai batas kesabaran ketika Ia datang kembali. Maka jangan abaikan Allah. Allah menciptakan sorga, bumi dan segala isinya dengan Firman Allah. Allah menyampaikan Firman Allah dengan 'Bahasa Allah', dan kita dapat mengerti. Betapa beruntungnya kita. Siapa yang menolak Allah pun akan di tolak oleh Allah.

Bahasa adalah kasih anugrah Allah, hanya manusia yang diberikan bahasa, maka dapat mengungkapkan perasaan. Firman Allah dapat didengar sebagai bahasa manusia atau sebagai 'bahasa Allah'/ perkataan Allah. Bahasa manusia, Alkitab menyamakannya dengan suara angin, yang sebentar ada dan hilang, tetapi Bahasa Allah adalah roh. Hanya melalui Yesus, Allah dapat mendengar bahasa manusia, tanpa Yesus, Allah tidak dapat mendengar atau mengerti.

Allah adalah roh, maka kita harus menyamakan derajat kita dengan itu, maka diberi Roh Kudus kepada manusia. Bahasa manusia menjadi Ilahi, karena menyampaikan Firman Allah yang ilahi. Bila kita taat akan Firman, maka kita melakukan hal-hal ilahi. Ibadah adalah yang ilahi walau dilakukan dengan bahasa manusia, tetapi sesuai dengan Firman Allah. 

Doa yang bersungguh-sungguh, adalah doa yang dapat menggoncangkan Allah dan Allah turut bekerja. Tanpa kita menjadi Ilahi, kita tidak mungkin dapat mengerti dan mendengar Firman, semua hanya sebagai perumpamaan. Allah adalah Roh, berkomunikasi dengan Allah, harus menggunakan bahasa yang ilahi, yaitu bahasa dengan nama Yesus. Tanpa nama Yesus, Allah tidak dapat mendengar. Doa kita di dalam nama Yesus dan ditolong oleh Roh Kudus, sehingga ilahi dan dapat didengar oleh Allah dan dijawabnya. Mari kita sungguh-sungguh bertekun dan berdoa sungguh-sungguh, mari kita mendapat jawaban doa!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar