"Orang-orang Yahudi di kota itu lebih baik hatinya dari pada orang-orang Yahudi di Tesalonika, karena mereka menerima firman itu dengan segala kerelaan hati dan setiap hari mereka menyelidiki Kitab Suci untuk mengetahui, apakah semuanya itu benar demikian. Banyak di antara mereka yang menjadi percaya; juga tidak sedikit di antara perempuan-perempuan terkemuka dan laki-laki Yunani." (Kisah Para Rasul 17:11-12)

Translate

Jumat, 03 Oktober 2014

Pelajaran 6 Minggu - Minggu ke-2

2. Mengapa saya orang berdosa?

Tujuan Pelajaran
1. Biar mereka mengetahui apa itu dosa.
2. Biar mereka menyadari mereka sendiri adalah orang yang berdosa.

3. Biar mereka mengakui dosa dan bertobat.

Ayat Dasar
“Karena semua orang telah berbuat dosa dan telah kehilangan kemuliaan Allah.” (Roma 3 : 23)



Kita telah mengetahui bahwa keberadaan kita bukan hanya tubuh, tapi bagaikan uap yang sebentar saja kelihatan lalu lenyap, tetapi roh jiwa kita yang berada selama-lamanya. Tetapi walaupun manusia adalah keberadaan roh, tidak dapat bertemu dengan Allah oleh karena dosa. Alkitab mengatakan bahwa “Karena semua orang telah berbuat dosa dan telah kehilangan kemuliaan Allah (Roma 3 : 23)” , mengapa “Aku” ini orang berdosa ?, dosa apa “Aku” lakukan ?

1. 1. Permulaan dosa
Allah menciptakan malaikat dulu dari pada manusia, malaikat juga ciptaan Allah seperti manusia, tetapi sebagai hakikat yang tidak memiliki tubuh. Salah satu dari malaikat yang melayani Allah yang meninggalkan batasan-batasan posisinya dan ingin menjadi allah, demikianlah malaikat. Dosa adalah persembahan allah (malaikat yang ingin jadi allah) selain Allah dan ingin hidup tanpa Allah. Allah menahan malaikat berdosa dan antek-anteknya di dalam tempat kekelaman dan menjaga sampai penghakiman terakhir, inilah dosa permulaan yaitu Satan, yakni dialah yang memberontak kepada Allah pertama sekali.

Þ Yehezkiel 28 : 12–15: Bagaimana iblis (jatuh) pada hari awal, bagaimana kecurangannya yang terdapat itu.

Þ Yesaya 14 : 12 –15 : Iblis jatuh dengan apa yang dipikirannya ?

Þ Yudas 1: 6(II Pet 2:4) : Ia menahan (malaikat-malaikat) yang tidak taat pada (batas-batas kekuasaan) mereka, tetapi yang meninggalkan (tempat kediaman) mereka, dengan (belenggu abadi) didalam (dunia kekelaman) sampai penghakiman pada hari besar.

1. 2. Kemerosotan manusia
Iblis yang jatuh dengan cara menolak Firman Allah, menggoda Adam sehingga Adam juga menolak Firman Allah, maka merosot yaitu jatuh dalam dosa.

Kejadian 3 : 1 – 6
§ Iblis menggoda manusia dengan perkataan apa ?

§ Bagaimana Allah berfirman kepada Adam ? (Kejadian 2 : 17)
§ Apakah Adam mentaati Firman Allah ?

Dosa Adam yang tidak mentaati pada Firman Allah dan yang ingin hidup tanpa Allah adalah dosa awal. Oleh sebab dosa asal, kita menjadi orang berdosa, karena roh manusia bercabang dan keluar dari Adam, dosa Adam menjadi dosa untuk semua manusia. Sebab itu siapapun manusia mempunyai dosa asal pada saat dikandung rahim ibunya, maka tiada seorangpun yang benar tapi semuanya orang berdosa.

Þ Maleakhi 2 : 15: Bukankah Allah yang (esa) menjadikan mereka, daging dan roh? dan apakah yang dikehendaki (kesatuan) itu

Þ Kisah 17 : 26: Dari (satu orang saja Ia) telah menjadikan semua bangsa dan umat manusia untuk mendiami seluruh muka bumi dan Ia telah menentukan (musim-musim) bagi mereka dan (batas-batas kediaman) mereka.

Þ Roma 5 : 12: Sebab itu sama seperti (dosa) telah masuk kedalam (dunia) oleh (satu orang), dan oleh dosa itu juga (maut), demikianlah (maut) itu telah (menjalar) kepada semua orang, karena (semua orang) telah berbuat dosa. Sebagai akibatnya manusia harus mengalami maut yang kekal dan iri hati, pertengkaran, cemburu, tamak, kesombongan, benci dan sebagainya itu muncul dari hati


(dosa pikiran/dosa sifat) pada akhirnya ia melakukan dosa dengan tubuh (dosa perbuatan)

Þ Efesus 2 : 1 – 2: Kamu dahulu sudah mati karena (pelanggaran) dan (dosa) mu. Kamu hidup didalamnya, karena kamu mengikuti (jalan dunia) ini karena kamu mentaati penguasa kerajaan angkasa yaitu (roh) yang sekarang sedang bekerja diantara orang- orang (durhaka).

Þ II Petrus 2 : 19: Siapa yang (dikalahkan) orang ia adalah (hamba orang) itu

Þ Matius 5 : 28: Setiap orang yang memandang perempuan serta (menginginkannya) sudah (berzinah) dengan dia didalam hatinya.

Þ I Yohanes 3 : 15: Setiap orang yang membenci saudaranya adalah seorang (pembunuh) manusia.

Þ Mazmur 51 : 7: Sesungguhnya dalam (kesalahan) aku diperanakkan, dalam (dosa) aku (dikandung) ibuku.

1. 3. Akibat dosa
Adam yang hidup ilahi sambil mentaati Firman Allah jatuh dalam dosa , dosa yang tidak taat kepada Firman Allah (dosa asal) karena ditipu Satan, ia diusir dari eden , sejak saat itu Adam dikuasai iblis , iblis sebagai penghulu maut memisahkan hubungan antara Allah dengan manusia.

Kejadian 3 : 16 –19
§ Apa yang datang kepada perempuan sebagai akibat dosa ?
§ Apa yang datang kepada laki-laki sebagai akibat dosa ?
§ Bagaiman tanah berubah ?


Matius 9 :1 – 8
§ Mengapa penyakit datang kepada kita ?


Þ Wahyu 20 : 15 : Setiap orang yang tidak ditemukan namanya tertulis didalam (kitab kehidupan) itu, ia dilemparkan kedalam (lautan api) itu.

Þ Markus 9 : 48 – 49: Dimana (ulat-ulat bangkai) tidak mati dan api tidak (padam) karena setiap orang akan (digarami) dengan (api).

Karena asal-usul manusia adalah orang berdosa maka ia ingin berdosa. Semua orang telah berbuat dosa. Karena dosa, manusia tidak harmonis dengan Allah, walaupun manusia tidak dapat selesaikan masalah dosa tetapi Allah yang maha kasih dapat menyelesaikan hal tersebut, orang sehat tidak memerlukan tabib sedangkan orang sakit memerlukannya, demikian Allah tidak mencari orang benar tapi orang berdosa.

Siapapun manusia harus disembuhkan Allah, Allah mengutus Anak Tunggal-Nya sebagai tabib manusia, agar membinasakan perbuata-perbuatan iblis yang menipu manusia dan menjadikannya orang berdosa.

Yesus membebaskan mereka yang seumur hidupnya berada dalam perhambaan oleh karena takutnya kepada maut. Yesus Kristus saja satu-satunya jalan untuk kita mendapat hidup kekal.

Þ Lukas 5 : 31 – 32: Bukan orang (sehat) yang memerlukan (tabib) tetapi orang (sakit) , Aku datang bukan untuk memanggil (orang benar) tetapi (orang berdosa) supaya mereka bertobat.

Þ Yesaya 1 : 18 : Marilah, baiklah kita (berperkara) Firman Tuhan sekalipun dosamu merah seperti kirmiji akan menjadi (putih) seperti (salju); sekalipun berwarna (merah) seperti kain kesumba akan menjadi (putih) seperti bulu domba.

Þ Ibrani 2 : 14 – 15: Karena anak-anak itu adalah anak-anak dari darah dan daging, maka ia juga menjadi sama dengan mereka dan mendapat bagian dalam keadaan mereka. Supaya oleh kematian-Nya Ia memusnahkan dia, yaitu (Iblis) yang berkuasa atas maut dan supaya dengan jalan demikian Ia membebaskan mereka yang seumur hidupnya berada dalam (perhambaan) oleh karena takutnya kepada maut.

Apabila anda menyadari bahwa anda adalah orang berdosa yang hidup tanpa Allah, maka akuilah kepada Allah yang menunggu agar anda bertobat “ Allah Bapa aku ini adalah orang berdosa yang lahir sebagai orang berdosa dan hidup dalam sifat sebagai orang berdosa dan membuat dosa . Ampunilah aku dan dosa yang tidak mengenal Tuhan tetapi biarlah aku berada didalam Engkau, dalam nama Yesus amin.”

Perihal diskusi
Dosa itu apa ?
1. Siapakah asal / sumber dosa ?
2. Benarkah semua dosa dapat diampuni ? Jika ya, kita harus bagaimana ?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar